Maaf, Anda mengaktifkan Adblock pada browser anda!
Atau anda tidak mengaktifkan Javascript![ ? ]

Angka Alkitabiah dan Angka Gematrik bagian 1

Angka Alkitabiah &  Gematrik Alkitab

Bible Numbers

Sekitar satu dari 5 ayat Alkitab mengandung suatu bilangan. Sebagai contoh : kita dapatkan 6 hari kerja, 8 orang dalam bahtera, 10 perintah, 12 suku Israel, 12 murid, 30 keping perak, 40 hari dalam padang belantara, 70 minggu nubuatan Daniel, 153 ikan dalam jaring, 144,000 di Gunung Zion, dan 666 – bilangan binatang buas. Apakah ini cuma sekedar bilangan acak ataukah mereka punya makna yang sangat dalam? Jika yang akhir, maka hal ini telah  membuktikan bahwa Alkitab  adalah pewahyuan ilahi!

Banyak dasar yang meyakini bahwa angka-angka Alkitab adalah perlambang tingkat tinggi dan sarat konsep, contohnya bahwa angka  7 berbicara tentang kesempurnaan, kelengkapan dan bahwa 666 sangat tidak menyenangkan! Kenyataannya, kita disuruh menghitung atau memahami bilangan dari si buas (Wahyu 13.18). Hal ini terjadi karena Allah Pencipta kita berbicara pada kita baik menggunakan bahasa maupun angka. Ini mengingatkan bahwatatkala suatu angka muncul, angka ini bisa saja menggarisbawahi, memperjelas atau menguatkan makna tulisan.

Gematria

Huruf Ibrani dan Gerika menggunakan huruf untuk menyatakan angka , misalnya tulisan Ibrani “gimel” untuk 3 dan Gerika menulis “kappa” untuk 20.Jelas, menjumlahkan semua nilai huruf dalam sebuah kata memberi nilai numerik untuk kata tersebut. Apakah ini benar-benar menentukan? Lagipula, apakah kata-kata yang berbeda dengan nilai numerik yang sama memiliki makna simbolis yang sama atau meningkatkan keseluruhan makna bila digabungkan?

Gematria adalah teknik menggunakan nilai angka dari bahasa Ibrani dan Gerika (Yunani) untuk mencari makna atau lambang tersembunyi pada ayat yang berhubungan.Beberapa orang Kristen memel;ihara bahwa gematria punya makna penting yang nyata dalam kitab sementara yang lainnya menghindari aspek mistiknya.Penggunaan gematria yang salah bisa berdampak buruk yaitu mengalihkan pembacaan Alkitab menjadi mistik.

Penafsiran Angka-angka dalam Alkitab

Pertama kata untuk peringatan. Kita harus berhati-hati  tatkala menafsirkan makna simbolis dari suatu angka di dalam Alkitab dan menahan diri untuk tidak menerapkannya kecuali jika ada dukungan alkitabiah yang kuat. Ada beberapa angka yang memang sudah diterima secara umum oleh kaum Kristiani seperti angka 3 dalam Tritunggal dan 7 dalam Sabat, tetapi masih banyak penafsiran angka yang dalam pembahasan serius. [perbandingan lihat juga “Biblical Mathematics: Keys to Scripture Numerics” by E. F. Vallowe, and Bible Numbers – Ivan Panin].

Angka 1 – Kesatuan

“Aku dan Bapa adalah satu” (Yohanes 10.30).

“Kemuliaan yang telah Bapa berikan padaKu telah kuberikan pada mereka, bahwa mereka adalah satu, sama seperti Kami adalah Satu” (Yohanes 17.22).

Bumi milenium akan disatukan dalam Yesus Kristus; “Maka TUHAN akan menjadi Raja  atas seluruh bumi ;  pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya   satu-satunya.” (Zakaria 14.9).

Angka Satu

Angka Satu adalah “angka kesatuan” atau “the number of unity”, khususnya yang menunjuk kepada satunya atau esanya Allah, seperti dalam Ul 6:4. Banyak sekali ayat di dalam Alkitab yang menyatakan bahwa Allah itu satu adanya (Mal 2:15; Zak 14:9; Mrk 12:32, dsb), satu Bapa (Mat  23:9; Yoh 8:41). Di dalam Ef 4: 4 – 6 kita temui tujuh macam “satu” : satu tubuh, satu Roh, satu pengharapan, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa.

Referensi lain dari ayat-ayat yang menunjukkan pengertian kesatuan atau tunggal atau satu adalah: semua bangsa dan umat manusia berasal dari satu orang (Kis 17:26); masuknya dosa ke dalam dunia melalui satu orang (Roma 5:12); kasih karunia Allah diberikan oleh karena satu orang (Roma 5:15). Satu juga menyatakan ketunggalan maksud (Lukas 10:42).

Angka 2 – Persatuan dua hal

In terms of union, Tuhan Yesus mengutus murid-muridnya berdua dua, satu kesatuan dalam pemahaman dan tujuan. Dalam pernikahan, DUA menjadi satu daging.  Angka Dua adalah “angka persatuan” atau “the number of union”, yaitu hal bersatunya sesuatu. Kesatuan berbicara tentang hal satu atau tunggal, persatuan berbicara tentang hal bersatu atau menjadi satu. Misalnya persatuan antara Yesus dan Bapa (Yoh 10:30; 17:11); persatuan antara Kristus dan gereja-Nya (Ef 5:31-32); laki-laki dan perempuan membentuk satu lembaga dasar rumah tangga (Kej 1:27; 2:20,24; Mat 19:5; Mrk 10: 6-8; 1 Kor 6:16; Ef 5:31); persatuan jemaat (Yoh 17:21-23;Roma 12:4-5; 1 Kor 10:17; Gal 3:28). 12 Rasul serta 70 murid Yesus diutus berdua-berdua (Mrk 6:7; Luk 10:1). Loh batu yang diterima Musa jumlahnya dua, dan binatang sering dpersembahkan sebagai korban dalam pasangan. Ada dua saksi yang akan bersaksi selama masa penganiayaan besar di akhir zaman (Why 11:3).

“orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya” (Yakobus 1.8).

“Tak ada seorangpun yang melayani dua tuan” (Matius 6.24).

Manusia punya DUA sifat, satu sama lain saling bertentangan (Roma 7.14-25).

Angka 3 – kebangkitan, penyempurnaan ilahi

“Bongkar Bait Allah ini dan dalam 3 hari Aku akan mendirikannya kembali” (Yohanes 2.19).

Banyak agama kuno yang menganggap angka tiga sebagai “angka ilahi” . Dalam kekristenan, TIGA berbicara mengenai Allah Tritunggal, yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus. Juga tentang tritunggal manusia: tubuh, jiwa dan Roh (1 Tes 5:23). Abraham melihat tiga orang berdiri di hadapannya (Kej 18:2). Ada tiga perayaan besar Yahudi, yaitu perayaan Paskah, Pentakosta dan Tabernakel. Ada tiga yang memberi kesaksian di Sorga dan di bumi (1 Yoh 5: 7-8). Mahluk sorgawi memuji Tuhan dengan tiga kali kata Kudus bagi Dia “yang sudah ada”, “yang ada” dan “yang akan datang” dengan mempersembahkan “puji-pujian”, “hormat” dan “ucapan syukur” (Why 4: 8-9).

Angka tiga juga dihubungkan dengan perbuatan besar Allah dan rencana pemulihan dari Allah. Allah turun di Gunung Sinan pada hari ketiga untuk memberikan kesepuluh firman (Kel 19:11). Dalam nubutan Hosea, Tuhan akan membangkitkan kita pada hari ketiga (Hosea  6:2). Yunus tinggal di dalam perut ikan selama tiga hari tiga malam (Yun 1:17; Mat 12:40). Allah membangkitkan Yesus dari kematian pada hari ketiga (1 Kor 15:4).

Ada TIGA peristiwa dalam Perjanjian Lama dimana orang dibangkitkan dari kematian, dan Yesus membangkitkan TIGA orang dari kematian dalam pelayananNya di bumi (anak laki seorang janda, putri Jairus dan Lazarus). Divine completeness (Tritunggal) ditemukan dalam Mat 28.19: “Pergilah … dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus”, menyiratkan TIGA pribadi dalam SATU.

Angka 4 – penciptaan, dunia

Dalam kompas ada empat mata angin, Empat musim, Angka Empat adalah “angka dunia” atau “the number of the world”. Angka empat sungai yang mengalir ke luar dari Taman Eden (Kejadian  2:10) dan ada empat penjuru bumi (Why 7:1; 20:8), dari mana angin berhempus dari EMPAT arah (Yeremia 49:36; Yehezkiel  37:9; Daniel  7:2).

Angka empat adalah angka simbolis yang menonjol di dalam nubuatan dan pewahyuan, seperti: empat tanduk dan empat tukang besi (Zakh 1:18-21), empat kereta (Zakaria 6:1-8), empat tanduk mezbah (Why 9:13), empat malaikat pengrusak (Why 9:14).EMPAT unsur alami (tanah, udara, api dan air), EMPAT mahluk sekitar tahta Allah (Wahyu 4.6). Para malaikat akan berkumpul “dari EMPAT arah angin” (Matius 24.31). Ada EMPAT kerajaan dunia dalam penglihatan Daniel tentang patung (Dan 2.31-35). Karena EMPAT adalah bukan bilangan prima (karena dapat difaktorkan) ini juga melambangkan kelemahan. Ke-EMPAT kerajaan dunia adalah berpusatkan pada manusia dan sangat lemah, diikuti oleh kerajaan kelima – Kristus.

Angka 5 – kasih karunia, kebajikan Allah

Angka Lima adalah “angka pemecahan” atau “angka penugasan”. Penggunaan angka lima agak jarang dipakai dalam Alkitab dibandingkan dengan angka-angka lain. Yesus memberi makan 5000 orang dari lima ketul roti yang dipecah-pecahkan (Mat 14:17:21). Dalam perumpamaan tentang sepuluh gadis, ada lima gadis yang bijaksana dan lima yang bodoh (Mat 25:2). Daud menggunakan lima batu yang diambil dari dasar sungai untuk mengalahkan Goliat (1 Sam 17:40).

Ada LIMA bahan dalam ramuan minyak urapan kudus atau wewangian dalam Perjanjian Lama: myrrh (mur) , cinnamon (sejenis kayu manis), calamus, cassis dan minyak zaitun (Keluaran 30.23,24). Kasih karunia datang bersama Kristus, yang punya LIMA nama gelar: Ajaib, Penasehat, Allah Perkasa, Bapa Kekal, Raja Damai (Yesaya 9.6). Terdapat LIMA layanan yang Allah berikan pada dunia: Rasul, Nabi, Penginjil, Gembala dan Pengajar (Efesus 4.11). Yesus, dengan semua kasih karunia dan  welas asihnya memberi makan lima ribu orang dengan LIMA ketul roti (Yohanes 6.1-10).

Angka 6 – Manusia, Lemah, Dosa, Iblis

Angka Enam seringkali disebut sebagai “angka manusia”  atau “angka tentang manusia” karena sangat erat hubungannya dengan manusia. Di dalam kisah penciptaan, Allah menciptakan laki-laki dan perempuan pada hari keenam (Kej 1:27). Diberikan waktu enam hari bagi manusia untuk bekerja (Kel 20:9; 23:12; 31:15; Luk 13:14). Budak Ibrani harus melayani enam tahun terlebih dahulu sebelum mereka dibebaskan (Kel 21:2).

Angka 6 sebagai angka manusia seringkali dikaitkan juga dengan antikris, yaitu manusia yang mau menjadi Allah. Raja Nebukadnezar membuat sebuah patung emas yang harus disembah semua orang, patung itu tingginya 60 hasta dan lebarnya 6 hasta (Daniel 3:1). Di dalam kitab Wahyu angka 6 yang berkaitan dengan patung berhala dan antikris kembali muncul sebagai angka 666 yang seringkali disebut sebagai “angka binatang” (Why 13:13-18).

Manusia diciptakan pada hari ke ENAM (Kejadian 1:26-31):

“ENAM hari lamanya engkau mengerjakan pekerjaanmu” (Keluaran 20.9).

Nebukadnezar membuat sesembahan untuk kemuliaan manusia: tingginya ENAM puluh hasta dan ENAM hasta lebarnya (Dan 3.1). Goliat (melambangkan dosa dan raksasa jahat) tingginya “ENAM hasta sejengkal” dan tombaknya berbobot ENAM ratus syikal (1 Sam 17.4,7). Kontrasnya, senjata Daud adalah LIMA butir batu, showing how grace overcomes man’s sin. Banjir bah (hukuman atas dosa) datang ketika NUH berusia ENAM ratus tahun, dalam bulan kedua (bicara tentang pemisahan akibat dosa) (Kejadian 7.11). Bilangan antikris adalah ENAM, ENAM, ENAM (Wahyu 13.18).

Angka 7 – Lengkap, Kesempurnaan rohani

Tujuh adalah angka paling sakral dalam budaya Ibrani:

Angka Tujuh disebut sebagai “angka sempurna” atau “angka kegenapan rancangan” atau “angka kepenuhan pembagian”. Angka tujuh merupakan angka yang paling sering dipakai dan mempunyai arti yang menonjol di dalam Alkitab.

Di dalam kisah penciptaan, Allah istirahat pada hari ketujuh dan menguduskannya. Hal ini menjadi pola bagi sabat Yahudi, manusia dibebaskan dari pekerjaan (Kel 20:10). Ada sabat tahunan (Im 25:8). Perayaan Roti Tak Beragi dan Perayaan Tabernakel berlangsung selama tujuh hari (Kel 12:15,19; Bil 29:12). Hari raya pendamaian diadakan pada bulan ketujuh (Im 16:29).

Angka tujuh sering dijumpai pada ritual-ritula di PL, seperti pemercikan darah lembu tujuh kali (Im 4:6) dan persembahan korban bakaran tujuh domba (Bil 28:11); pentahiran penderita kusta diperciki tujuh kali (Im 14:7), dan Naaman harus mandi tujuh kali di Sungai Yordan (2 Raj 5:10). Di dalam tabernakel ada kaki dian yang bercabang TUJUH (Kel 25:32).

Ayat-ayat referensi lainnya yang perlu dicatat adalah: Henokh yang diangkat ke Sorga adalah keturunan ketujuh dari Adam (Kejadian 5:19-24). Yakub bekerja selama 7 tahun pada Laban untuk mendapatkan Rahel yang dicintainya (Kej 29:18); ada 7 tahun kelimpahan dan 7 tahun kelaparan (Kej 41:26-27); hajaran Tuhan sampai 7 kali lipat (Im 26:18,28); Yosua harus mengelilingi tembok Yerikho sebanyak 7 kali pada hari ke-7, dengan 7 imam yang membawa 7 sangkakala tanduk domba (Yos 6:3-5); bujang Elia sampai 7 kali naik unta untuk melihat apakah ada awan (1 Raj 18:43); janji Tuhan murni seperti perak yang 7 kali dimurnikan (Mzm 12:7).

Ayat-ayat lainnya sehubungan dengan angka 7 adalah: Salomo selama 7 tahun membangun Bait Allah dan mengadakan perayaan selama 7 hari; Ayub mempunyai 7 anak laki-laki; ketika teman-teman Ayub datang mengunjunginya, mereka duduk diam selama 7 hari 7 malam,akhirnya mereka diminta untuk memberikan korban bakaran berupa 7 ekor lembu jantan dan 7 ekor domba jantan; pemazmur memuju Tuhan 7 kali sehari (Mzm 119:164); 7 tiang hikmat 9 (Ams 9:1); 7 kali orang benar jatuh (Ams 24:16); mengampuni 70 kali 7 kali (Mat 18:22); gereja mula-mula punya diaken (Kis 6:3); Yohanes mengalamatkan kitab wahyu kepada 7 jemaat; naga dalam Wahyu 12:3 dan binatang dalam Wahyu 13:1; 17:7 mempunyai 7 kepala.

“di hari ke TUJUH Allah menyelesaikan pekerjaanNya” (Kejadian 2.2).

Akhir ‘Perayaan Pondok Daun’ sesudah TUJUH hari  (Imamat 23.34). TUJUH pasang hewan ‘halal’ dibawa masuk dalam bahtera (Kejadian 7.2). Dalam Kitab Wahyu kita dapati TUJUH jemaat (semua jenis jemaat). Judgment of the earth is completed melalui TUJUH kitab yang dimeterai, TUJUH sangkakala dan TUJUH cawan amarah. Penghitungan dari manusia Adam man, ada sekitar ENAM milenia di bumi; pada milenia ke TUJUH orang akan melihat Kristus memerintah di bumi, dan melengkapi sejarah bumi.
Angka 8 – New beginning
Angka Delapan adalah “angka permulaan sesuatu yang baru” atau “angka dari tatanan baru”. Hari kedelapan adalah permulaan dari minggu yang baru, setelah sabat yang merupakan hari ketujuh. Ada delapan orang yang selamat dari air bah pada zaman Nuh (1 Pet 3:20) dan mereka memulai generasi yang baru. Sunat orang Yahudi dilakukan pada hari kedelapan (Kej 17:12; Flp 3:5). Sunat merupakan permulaan baru dari perjanjian Abraham dengan Allah. Perayaan Tabernakel berlangsung selama 7 hari, sesudah itu, pada hari kedelapan mereka harus mengadakan pertemuan kudus dan mempersembahkan korban api-apian kepada Tuhan (Im 23:36). Penderita kusta ditahirkan pada hari kedelapan untuk memulai kehidupan yang baru (Im 14:10, 23). Pada penglihatan Yehezkiel tentang Bait Suci, imam mempersembahkan korban pada hari kedelapan (Yeh 43:27). Yesus bangkit pada hari kedelapan, atau hari Minggu. Daud adalah anak kedelapan dari Isai yang memulai suatu pemerintahan yang baru bagi Israel (1 Sam 16:10-11).

The ark carried DELAPAN orang kepada satu permulaan baru kehidupan di bumi (Kejadian 7.13). A male baby (a new creation) disunat pada hari ke DELAPAN (Kejadian 17.12) – ini adalah masa paling baik secara medis. Percakapan antara Nikodemus dan Yesus tentang “lahir baru” disebutkan ‘lahir’ DELAPAN kali (Yohanes 3.1-8). The EIGTH day starts a new week.

Angka 9 –  Berkat Ilahi, penyempurnaan ilahi, pengadilan Allah

Ada SEMBILAN buah Roh: love, joy, peace, patience, kindness, goodness, faithfulness, gentleness, and self-control (Gal 5.22,23). SEMBILAN Karunia Roh (1 Korintus 12.8-10) dan semnbilan SABDA BAHAGIA (Mat 5.3-11). Jesus completed His work on the cross “about the NINTH hour” (Mat 27.46

Kira-kira, pada jam kesembilan, Yesus berseru dengan suara keras, kata-Nya, “Eli, Eli, lama sabakhtani?” yang artinya, “Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?” (AYT) dalam terjemahan baru, kata “jam kesembilan” ditulis “jam 3”

). Jumlah nilai angka dari 22 huruf Ibrani adalah 4995 = 5 × 999. Ini menyatakan bahwa huruf Ibrani ditera oleh atribut keilahian tentang karunia dan kesempurnaan!

Dalam pengertian penghakiman, dalam Alkitab SEMBILAN orang dirajam batu sam[pai mati, ada SEMBILAN janda, SEMBILAN orang buta, SEMBILAN kena kusta.

Angka 10 – Hukum, kelengkapan

Angka Sepuluh adalah “angka kelengkapan duniawi” . Angka sepuluh ini mungkin berhubungan dengan sistem bilangan desimal yang diilhami oleh jumlah 10 jari pada kaki dan tangan. Angka sepuluh diartikan sebagai angka yang lengkap, yang terdiri dari angka 4 “ilahi” dan angka 6 “manusia”.

Di dalam PL disebutkan 10 bapak bangsa-bangsa sebelum air bah Nuh datang. Orang Mesir diperhadapkan dengan sepuluh tulah baru (Kel 7 – 12). Orang Israel diberi Sepuluh Perintah Allah (Kel 20: 1-17; 34:28; Ul 4:13; 10:4). Perempuan di dalam perumpamaan tentang dirham yang hilang mempunyai 10 dirham (Luk 15:8). Di dalam perumpamaan tentang uang mina, ada sepuluh hamba yang diberi sepuluh mina, dan ada sepuluh dan lima kota (Luk 19: 11-27). Ada sepuluh hal yang tidak dapat memisahkan orang percaya dari kasih Allah (Roma 8:38-39) dan 10 dosa yang tidak dapat mendapat bagian dalam Kerajaan Allah (1 Kor 6:9-10). Sepuluh orang membentuk tua-tua kota (Rut 4:2). Pecahan satu per sepuluh dijadikan persembahan persepuluhan (Kej 14:20; 28:22; Im 27:30; 2 Tawarikh 31:5; Maleakhi 3:10).

SEPULUH perintah merinci hukum dasar Allah bagi ciptaan utama Allah: Manusia: SEPULUH = EMPAT (penciptaan ilahi) + ENAM (manusia). Hukum Perjanjian Lama tentang persepuluhan Satu-Sepersepuluh. Penguasa terakhir dunia adalah bentuk dari Kekaisaran Romawi yang dihidupkan kembali. Ini akan menghancurkan orang-orang dengan hukum manusia dan akan menggabungkan sepuluh pemerintahan atau sistem duniawi (SEPULUH ‘jari kaki’ dari Daniel 2 dan SEPULUH ‘raja-raja’ di Wahyu 17.12). [ sangatlah menarik bahwa sistem ukuran di Inggris Raya berdasar 12 telah digantikan dengan sistem desimal! ]

Angka 11 – Penghakiman, pelanggaran

Ada SEBELAS penghakiman atas Mesir ; SEPULUH tulah mendahului dengan ditenggelamkan ke Laut Merah (Keluaran 7 – 14). Raja  Zedekia,raja yang zalim, memerintah SEBELAS tahun dan menimbulkan chaos dan maut di Yerusalem (Yeremia 52.1-11). Ada  SEBELAS murid sesudah seorang murid berkhianat dan dikeluarkan.

Number 12 – Governmental perfection

Salomo, penguasa ilahi yang diurapi, menunjuk DUA BELAS pejabat atas Israel (1 Raja 4.7). Yesus memilih DUA BELAS rasul untuk menjalankan kerajaanNya di muka bumi, dan Ia berkata pada mereka:

” … engkau akan menduduki DUA BELAS tahta, menghakimi DUA BELAS suku Israel.” (Matius 19.28).

Ada DUA BELAS lambang zodiak (dalam Ayub 38.32 menunjuk pada ‘Mazzaroth’ berarti dua belas lambang). Bintang-bintang dianggap sebagai lambang untuk membantu manusia mengatur kehidupannya (Kejadian 1.14). Maka kita punya DUA BELAS bulan dalam 1 tahun. Yerusalem Baru (Kerajaan Allah paripurna) memiliki DUABELAS gerbang dan DUABELAS batu pondasi (Wahyu 21. 12,14).

DUA BELAS (pemerintahan sempurna) = TIGA (unity) + SEMBILAN (berkat ilahi)

DUA BELAS (pemerintahan sempurna) = LIMA (karunia Allah) + TUJUH (kelengkapan rohani).

Lebih lanjut tentang angka 7

Angka TUJUH ternyata sangat penting. Khususnya dalam fisiologi. Misalnya:

  • Sesuai nas Kitab Suci, tahun-tahun manusia adalah 70 (7 × 10) (Mazmur 90.10). Sekarang ini, rata-rata usia manusia diperkirakan sekitar 67.2 tahun
  • Tubuh manusia memiliki sekitar  7-hari masa . Sains dari chronobiology menguraikan  bahwas circaseptan (‘sekitar 7’) ritme atau ritme tubuh yang berlangsung sekitar tujuh hari. This is a very good reason to rest every 7 hari (Keluaran 20:10)! 10 hari Revolusi Prancis, dan ‘minggu kerja lanjutan’ dari Revolusi  Russia keduanya gagal karena alasan ini.
  • Laporan para peneliti (genetically determined) tentang-7-hari (circaseptan) period’ in connection withhuman organ transplants. Pembengkakan atau penolakan suatu organ transplantasi cenderung mengikuti ritme circaseptan yaitu sekitar 7 atau 14 (7 × 2) hari sesudah pembedahan. It is claimed that this rhythm also applies to the immune response to infections, blood and urine chemicals, blood pressure and the common cold
  • Circaseptan (7-day) rhythms have been detected in simple Plant life
  • A woman’s fertility cycle has multiples of 7. In a short cycle of 21 days, ovulation occurs around day 7. The average fertility cycle is 28 days (7 × 4). In a long cycle e.g. 35 days, ovulation does not occur until around day 21 (7 × 3)
  • Tubuh manusia dewasa terbuat dari sekitar 7,000,000,000,000,000,000,000,000,000 (7 octillion) atom
  • Dalam dunia kebidanan, masa kehamilan manusia (janin sempurna) sekitar 280 hari (7 × 40)
  • Masa kehamilan anjing umumnya 63 hari (7 × 9)
  • Masa kehamilan domba umumnya 147 hari (7 × 21)
  • Masa kehamilan itik lokal umumnya 28 hari (7 × 4)

Bersambung bagian 2

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *